Sekolah Dasar Negeri Pondok Bahar 5 yang berlokasi di kelurahan pedurenan kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang, kini tengah membentuk sebagian siswanya menjadi kader adiwiyata pada senin (17/02/2020). Pembentukan tersebut sebagai syarat untuk mengikuti program adiwiyata tingkat Provinsi, setelah sebelumnya berhasil melewati adiwiyata tingkat Kota pada tahun 2019 lalu.

Perlu diketahui, program adiwiyata atau yang kini disebut Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) merupakan salah satu program kementrian negara lingkungan hidup yang memiliki tujuan untuk mendorong terciptanya pengetahuan serta kesadaran warga sekolah dalam pelestarian lingkungan hidup. Program ini memiliki beberapa tingkatan, mulai dari tingkat kota, provinsi, nasional hingga level mandiri.

Kader adiwiyata yang terbentuk dari siswa SDN Pondok bahar 5 ini berjumlah 82 siswa/i sebagai contoh bagi siswa/i lainnya dalam membangun kesadaran warga sekolah untuk melestarikan lingkungan khususnya sekolah SDN Pondok Bahar 5.

Mereka akan diberikan pengetahuan dan bertugas sesuai Kelompok Kerja (POKJA) masing-masing dalam persoalan kebersihan, pengelolaan sampah, pemeliharaan tanaman, konservasi air, konservasi listrik bahkan berinovasi. Diah Lestianah selaku guru sekaligus ketua Tim Adiwiyata SDN Pondok Bahar 5 mengatakan dirinya berharap dengan dibentuknya kader adiwiyata ini, seluruh siswa menjadi terbiasa untuk melestarikan lingkungan, bukan hanya lingkungan sekolah tetapi juga di tempat tinggalnya.

There are no comments yet.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).