TNGers, tahu dengan penyakit kusta, kan? Ya, penyakit kusta merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh Mycobacterium leprae yang menyerang kulit, saraf tepi dan jaringan lainnya, kecuali otak. Penyakit ini sudah lama dikenal sejak lebih dari 2000 tahun yang lalu. Penyakit ini dapat menular dari sentuhan langsung dari si penderita, bahkan dari udara.

TNGers, di Kota Tangerang ini, khususnya di JL. Dr. Sitanala Kota Tangerang terdapat Rumah Sakit Kusta Sitanala. Pada tanggal 28 Juli 1951, Rumah Sakit Kusta ini didirikan langsung oleh Dapertemen Kesehatan RI, awalnya Rumah Sakit Kusta Sitanala bernama Rumah Sakit Sewan karena terletak di Desa Karangsari Kampung Sewan, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang.

Nah, pada tahun 1962 Rumah Sakit Sewan dirubah namanya menjadi Rumah Sakit Kusta Sitanala sebagai penghargaan jasa kepada seorang dokter yang pertama kali berkecimpung dalam menangani penderita Kusta, yaitu dr. J.B. Sitanala yang berasal dari Maluku, dan diresmikan langsung oleh Ny. Rahmi Hatta selaku Ibu Wakli Presiden RI Pertama, TNGers.

Rumah Sakit Kusta Sitanala merupakan rumah sakit negeri kelas A. Rumah sakit ini mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis dan sub-spesialis luas oleh pemerintah ditetapkan sebagai rujukan tertinggi atau disebut pula sebagai rumah sakit pusat.

Rumah Sakit Kusta Sitanala mempunyai 14 bangsal dan 222 tempat tidur inap. Dan 2 diantara tempat tidur inap yang tersedia merupakan pelayanan VIP. Dokter yang berjaga juga bisa dibilang banyak, TNGers, karena berjumlah 60 orang. Rumah Sakit Kusta Sitanala cukup terkenal pada tahun 1989 karena Lady Diana sempat berkunjung ke rumah sakit ini, TNGers!

Penulis: Luthfiah Dewi Suria
Editor: Nur Indah

There are no comments yet.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).