Pemerintah Indonesia telah menunjuk sebanyak 100 Rumah Sakit (RS) yang menjadi tempat rujukan pasien terjangkit virus corona. Ke-100 rumah sakit yang ditunjuk untuk menangani virus yang berasal dari Tiongkok tersebut diklaim telah memiliki fasilitas perawatan yang memadai.

Ke 100 rumah sakit tersebut telah dinyatakan memiliki ruang perawatan yang sesuai standar internasional.

  1. Ada dua rumah sakit rujukan pasien corona di Banten

    Sebelumnya, Dinas Kesehatan Provinsi Banten telah menunjuk dua RS menjadi tempat rujukan untuk pasien corona. Kedua RS tersebut adalah Rumah Sakit dr. Drajat Prawiranagara (RSDP) Serang dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangerang.

    “Iya betul kita (RSDP) telah ditunjuk menjadi tempat rujukan pasien yang terjangkit corona dan sekarang kita sedang rapat antisipasi penanganannya,” kata Dirut RSDP Serang Dr. Rachmat Setiadi saat dikonfirnasi, Selasa (3/3).

  2. Telah memiliki fasilitas yang sesuai standar WHO

    Rachmat mengatakan, pihaknya telah menyiapkan tiga ruangan isolasi untuk pasien corona dengan dilengkapi fasilitas lain seperti alat pelayanan dan baju khusus untuk pasien dan perawat yang menangani pasien corona yang sesuai standar WHO.

  3. Pasien yang ditangani RSDP tetap akan dirujuk kembali ke RSPI Sulianti

    Meski demikian dikatakan Rachamat, untuk pelayanan pasien corona di RSDP hanya sebatas penanganan awal karena berdasarkan prosedur yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan untuk pengawasan pasien yang terjangkit virus tersebut akan dilakukan di RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara.

  4. RSU Tangerang Tambah 3 Ruang Isolasi

    “Tadinya di RSUD Tangerang ada empat ruang isolasi, sekarang ada penambahan tiga,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti di Pendopo Gubernur Banten, Selasa (3/3).

Dengan demikian, dari dua rumah sakit rujukan virus corona di Banten, nantinya ada total 11 ruang isolasi, karena RSDP Serang memiliki empat ruang isolasi.

There are no comments yet.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).