Suka makan rambutan tapi engga tau jenis-jenisnya? Mungkin sah-sah saja. Tapi akan jadi tidak sah kalo TNGers engga tahu jenis rambutan asal Kabupaten Tangerang yang satu ini. Mari berkenalan dengan rambutan asal Kabupaten Tangerang yang memiliki nama Rambutan Parakan. Rambutan yang memiliki nama latin nephelium lappaeum ini merupakan tumbuhan endemik khas Kabupaten Tangerang dan hanya bisa TNGers temukan di kawasan Pagedangan, Legok dan Cisauk, Kabupaten Tangerang.

Sayangnya, menurut salah satu pembudidaya rambutan parakan, kini rambutan parakan yang manis, berbuah padat, tebal serta sedikit kandungan air ini semakin sulit ditemukan. Ia juga menceritakan bahwa selama puluhan tahun, setidaknya hingga tahun 1990-an, pepohonan rambutan parakan yang besar, rindang, berhiaskan buah-buah berwarna merah tua, masih tegak memenuhi ratusan hektar lahan di beberapa kawasan penghasil di atas. Bahkan di tiap pekarangan rumah warga, juga masih banyak ditemukan ketika itu. Namun saat ini, setelah pengembang-pengembang perumahan elit melebarkan sayapnya dan semakin sedikitnya lahan yang dimiliki warga setempat, menyebabkan semakin sulitnya untuk mengembangkan penanaman pohon rambutan parakan itu.

Padahal TNGers, cara membudidayakan rambutan parakan ini cukup mudah dan cocok ditanam di wilayah Kabupaten Tangerang. Rambutan parakan dapat tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 500 meter di atas permukaan laut (dpl) dengan curah hujan 1.500-3.000 mm per tahun dan suhu udara antara 22 sampai 35 derajat celcius. Pemeliharaan tanaman yang penting adalah membersihkan kebun dari gulma dan memangkas tunas-tunas liar/tunas air yang muncul. Serta membasmi hama yang terkadang bermunculan dengan melakukan penyemprotan menggunakan insektisida.

Sayang banget kan TNGers kalau buah rambutan parakan yang ternyata menjadi ciri khas Kabupaten Tangerang ini sampai tidak bisa kita nikmati lagi. Jadi tunggu apa lagi TNGers? Yuk segera kita ikut menjaga kelestarian dan membudidayakan tanaman rambutan parakan sebelum buah rambutan khas kita yang satu ini hanya tinggal nama dan cerita saja!

Twitter: @AboutTNG
Instagram: @AboutTNG
LINE: @AboutTNG
Website: www.abouttng.com
Email: abouttng@gmail.com

There are no comments yet.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).