Budaya membaca di Indonesia masih bisa dibilang masih kurang. Nah, bagi TNGers yang ingin meningkatkan hobi membacanya bisa datang langsung nih ke Perpustakaan Tangerang Selatan. Perpustakaan yang dibangun pada 2013 ini memiliki fasilitas dan kelengkapan buku yang memadai loh TNGers.

Dari buku ensiklopedia, kitab suci berbagai macam agama, dan masih banyak lagi. Perpustakaan ini terletak di Jalan Raya Siliwangi, Pamulang, Tangerang Selatan. Pemerintah Tangerang Selatan menganggarkan sebesar Rp 5 milliar untuk pembangunan gedung perpustakaan daerah setempat.

Dengan luas 5.000 meter persegi menjadikan perpustakaan cukup luas. Fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap, seperti koneksi internet, ruangan ber AC dan lainya. Jadi bagi TNGers yang butuh koneksi internet free bisa ke Perpustakaan Tangerang Selatan.

Terdapat juga fasilitas layanan komputer katalog, berfungsi untuk mencari koleksi yang diperlukan dengan bantuan petugas, fotokopi, beberapa referensi atau koleksi penting yang bisa dibaca tetapi tidak bisa dipinjamkan. Jadi selain kamu bisa membaca buku, TNGers juga bisa meminjamnya tentunya dengan persyaratan tertentu.

Prosedur untuk menjadi anggota perpustakaan pun cukup mudah. Pertama TNGers harus mengisi formulir yang disediakan terlebih dahulu lalu menyerahkan 2 lembar pas photo 2 x 3 cm atau file photo close up dan foto KTP/SIM/STNK atau kartu pelajar yang masih berlaku.

Perpustakaan Tangerang Selatan juga memiliki beberapa peraturan yang tentunya dibuat untuk menjaga ketertiban perpustakaan. Pertama saat datang TNGers harus mengisi daftar hadir terlebih dahulu, kemudian kamu juga harus menjaga sendiri barang bawaan dengan baik, segala kehilangan di dalam ruangan perpustakaan bukan menjadi tanggung jawab petugas perpustakaan,  turut menjaga ketenangan suasana perpustakaan dan juga harus bersikap sopan dan saling menghargai kepada petugas dan sesama pengunjung perpustakaan.

Tidak kalah pentingnya, TNGers juga harus menjaga kebersihan perpustakaan dan keberadaan fasilitas serta semua koleksi perpustakaan. Untuk informasi lebih lengkapnya TNGers bisa mengunjungi http://www.perpusdatangsel.com/index.php?pilih=hal&id=5. Perpustakaaan Tangerang Selatan dibuka mulai pukul 07:30–17:00 WIB. Yuk ramai-ramai ke perpustakaan, kita tambah pengetahuan bersama supaya kedepannya akan tercipta generasi muda yang pintar dan cerdas khususnya anak muda Tangerang.

Penulis: Erlangga Baihaqi
Editor: Nur Indah L

There are no comments yet.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).