Jika TNGers sedang berwisata kuliner di sekitar Pasar Lama, Kota Tangerang, pasti sudah tidak asing dengan kecap kebanggaan Tangerang yaitu Kecap SH atau Kecap Siong Hin. Tapi, kamu tahu engga sih masih ada kecap lain yang lebih melegenda? Yaitu, Kecap Benteng.

Kecap Benteng didirikan oleh Teng Hay Soey pada tahun 1882, dan diteruskan oleh Teng Giok Seng. Saat ini, menggunakan merk Cap Istana, Kecap Benteng dan merupakan kecap tertua yang masih beroperasi. Sedangkan kecap Siong Hin berdiri pada 1920. Letak kedua pabriknya pun hanya berselang sekitar 300 meter dan sama-sama berada di kawasan Pasar Lama, Kota Tangerang.

Mengapa diberi nama Kecap Benteng? Dikutip dari beberapa sumber, saat itu terdapat sebuah benteng Belanda di pinggir sungai Cisadane, yang berfungsi sebagai pos pengamanan pencegah serangan dari Kesultanan Banten, benteng ini merupakan benteng terdepan pertahanan Belanda di pulau Jawa. Oleh sebab itu, kecap yang diproduksipun disebut dengan kecap benteng melihat lokasi pabriknya yang dekat dengan Sungai Cisadane.

Jika kecap Siong Hin lebih dipilih sebagai teman santap siang. Beda kegunaan lagi dengan Kecap Benteng ini lho TNGers. Kecap Benteng sudah menjadi primadona bagi koki restoran karena lebih legit dan terasa lebih kental. Kecap tersebut diproduksi di Tangerang dan hanya didistribusikan di Tangerang dan Jakarta. Wow, keren kan produk dalam negeri khususnya Tangerang bisa menghasilkan produk yang berkualitas juga. So, bangga jadi orang Tangerang!

Penulis: Luthfiah Dewi Suria
Editor: Nur Indah

There are no comments yet.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).