Batik adalah salah satu pakaian tradisional asal Indonesia yang sering dijumpai sehari-hari. Hampir setiap kota di Indonesia memiliki corak batiknya masing-masing, termasuk Kota Tangerang.

Dinding di sepanjang Jl. Mayang RT 02/01, Kelurahan Larangan Selatan, Kec. Larangan, Kota Tangerang nampak indah, dihiasi lukisan-lukisan mural batik khas Kota Tangerang. Hampir semua temboknya dilukis dengan batik, menjadikan kawasan ini disebut Kampung Batik Mayang.

Ternyata, ide ini berasal dari Sanggar Batik Kembang Mayang yang memproduksi batik tulis. Dengan keberadaan sanggar batik ini, warga secara mandiri menghias tembok-temboknya dengan lukisan batik. Melihat hal ini, tentunya sangat didukung oleh pemerintah Kota Tangerang, yang agendanya juga membangun kampung-kampung tematik di Kota Tangerang.

Sanggar Batik Kembang Mayang dan Pemkot juga memberikan pelatihan membatik bagi warga sekitar agar lebih kreatif lagi dan bisa memandu wisatawan yang datang nantinya.

Motif batik yang dihasilkan sanggar dan dilukis ditembok sendiri bernama Batik Tirta Suci. Batik iniĀ diartikan sebagai aliran sungai yang terus bergerak tidak pernah berhenti. Selain itu, terdapat motif anggrek di sudut-sudutnya, melambangkan bahwa Kota Tangerang mampu beradaptasi dalam segala kondisi, layaknya anggrek.

Sudah berkunjung ke Kampung Batik Mayang belum TNGers? Jadwalkan ke rencana akhir pekan kalian ya!

There are no comments yet.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).