Cairan disinfektan merupakan cairan yang digunakan untuk mencegah penyebaran virus, dalam hal ini virus Corona. Masyarakat Kota Tangerang yang lingkungannya belum disemprot cairan disinfektan dapat mengajukan permintaan penyemprotan cairan disinfektan di lingkungan masing-masing ke Pemerintah Kota Tangerang.

Kasie Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, Hambali Bakar mengatakan, warga dipersilahkan mengirimkan surat permintaan penyemprotan disinfektan lingkungan yang ditujukan kepada BPBD Kota Tangerang.

“Kami memang layani penyemprotan disinfektan. Prosedur permintaannya silahkan melalui surat,” ujarnya Kamis (26/3/2020). Menurutnya, surat permintaan penyemprotan disinfektan dibubuhkan dengan tanda tangan perangkat RT dan RW. “Terus dilengkapi dengan kontak personnya, biar nanti kami hubungi,” katanya.

Hambali mengaku permintaan penyemprotan disinfektan bagi lingkungan warga sangat tinggi. Namun, kata dia, pihak BPBD masih mampu menyanggupinya.

Senada, PMI Kota Tangerang juga menerima layanan disinfeksi dengan mengajukan surat permohonan. Namun, pelaksanaan penyemprotan disinfektan PMI akan dilakukan terutama bagi fasilitas umum seperti tempat ibadah dan balai pertemuan.

Kepala Biro Humas PMI Kota Tangerang, Ade Kurniawan menjelaskan sesungguhnya warga yang ingin rumahnya steril dari virus dan bakteri bisa melakukan disinfeksi secara mandiri dengan bahan-bahan yang mudah disediakan.

Menurutnya, cairan pembersih lantai dan kamar mandi juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan disinfeksi asal dilakukan dengan cara yang benar.

Sementara untuk takaran cairan disinfektan, kata Ade, agar tetap mengikuti petunjuk yang ada di tiap kemasan bahan yang akan digunakan. Warga juga harus menyiapkan alat tambahan seperti hand spray dan kain microfiber.

“Untuk sementara saja bisa pakai klorin 0,05 persen, pemutih pakaian, karbol juga bisa. Ikuti takaran yang ada di tiap kemasan serta perhatikan petunjuk penggunaannya,” jelas Ade.

 

There are no comments yet.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).