Walikota Tangerang Selatan Hj. Airin Rachmi Diany, SH. MH kembali meresmikan Hutan Kota di wilayah Jalan Tidore Gang Salak, Kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat, sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan pengembangan tanaman anggrek.

Acara yang juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Dudung E Diredja, Asisten Daerah I Ismunandar, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sambandi Martadinata, Camat Ciputat Deden Juardi, dan sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Peresmian ini secara simbolis dilakukan langsung oleh Walikota Tangerang Selatan. Airin mengatakan bahwa dengan diresmikannya Hutan Kota Jombang ini, maka sudah ada 6 kecamatan dari 7 kecamatan. Dimana target Tangerang Selatan untuk memiliki 30 persen Ruang Terbuka Hijau bisa tercapai pada tahun mendatang dengan menambah hutan kota di kecamatan Pamulang.

Hutan Kota Jombang juga memiliki nama lain yaitu Hutan Kehati. Kata ‘kehati’ merupakan kependekan dari Keanekaragaman Hayati. Berbeda dengan ruang terbuka hijau lain di Tangerang Selatan, Hutan Kehati sengaja dibuat sebagai tempat untuk melestarikan berbagai tanaman langka asli Indonesia.

36 Hutan Kota Jombang Pengelola taman kota menanam 3000 jenis tanaman langka serta pohon buah di Hutan Kota Jombang. Untuk mengawasi serta menjaga tanaman-tanaman langka, dibentuk Laskar Lingkungan. Meski telah ada petugas yang ‘disiagakan’, pemerintah tetap meminta dukungan masyarakat sekitar dan pengunjung agar kelestarian hutan kota tetap terjaga.

Selain mendukung penghijauan dan pelestraian tanaman langka, Hutan Kota Jombang juga ditujukan sebagai tempat rekreasi masyarakat. Di dalamnya pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas olahraga seperti jogging track. Fasilitas pendukung lain seperti toilet, kamar mandi, serta tempat parker juga terpelihara dengan baik. Ada pula fasilitas taman bermain untuk pengunjung anak-anak.

Hutan Kota Jombang mudah dikunjungi menggunakan kendaraan pribadi. Bila datang dari Jakarta, arahkan kendaraan kamu menuju Tangerang Selatan lewat Jalan Tol Jakarta-Serpong. Setelah keluar tol, masuk ke Jalan Tegal Rotan Raya. Di persimpangan ujung jalan tersebut silakan belok ke Jalan Jombang Raya. Ikuti jalan itu hingga perempatan terakhir dan belok kanan ke Jalan Jombang Astek untuk sampai Jalan Tidore.

Selain rekerasi di hutan kota, kamu juga bisa menghabiskan waktu libur dengan dengan mengunjungi berbagai tempat menarik di Tangerang Selatan. Kandank Jurank Doank dan Tanah Tingal Ciputat merupakan destinasi yang cocok untuk wisata edukatif. Sedangkan Ocean Park cocok dikunjungi untuk menikmati wisata air.

Saat ini Tangerang Selatan telah memiliki 20 – 21 persen Ruang Terbuka Hijau dari total luas wilayah. Diantaranya, Taman Kota BSD di Serpong, Taman Tekno di Setu, Graha Raya di Pondok Aren, Situ Gintung di Ciputat Timur, dan kini Taman Kota Jombang di Ciputat.

Sementara itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah Tangerang Selatan, Rahmat Salam mengatakan, pihaknya memang sedang gencar melakukan konservasi alam untuk menambah Ruang Terbuka Hijau yang ada. Pihaknya pun mencanangkan akan segera menentukan lahan di kawasan Pamulang yang akan dijadikan hutan kota.

Twitter: @AboutTNG
Instagram: AboutTNG
LINE: @abouttng
Website: www.abouttng.com
Email: abouttng@gmail.com

Comments (2)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).