Salah satu gejala yang bisa mengindikasikan seseorang terinfeksi virus corona jenis baru atau Covid-19 adalah batuk. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar dua pertiga pasien atau 67,7% pasien Covid-19 yang terinfeksi virus corona mengalami gejala batuk kering.

Dikutip dari Medical News Today, batuk yang terjadi pada penderita flu biasa sama-sama terjadi cukup sering namun dengan intensitas yang ringan, selama mereka sakit. Sedangkan batuk pada penderita Covid-19 biasa berupa batuk kering terus menerus, sesak napas atau pneumonia, serta dibarengi demam tinggi tetapi tidak disertai sakit tenggorokan.

Meski begitu, tidak semua batuk kering atau berdahak merupakan gejala virus corona karena batuk kering bisa jadi tanda iritasi atau radang di tenggorokan.

Penderita flu biasa, biasanya akan sembuh dari sakitnya kurang dari 2 minggu setelah mengonsumsi obat yang sesuai. Batuk pada penderita flu biasa juga seringkali dibarengi dengan pilek serta bersin-bersin yang tidak akan terjadi pada penderita Covid-19.

Jadi TNGers harus bisa mengenali apa yang diderita. Jika hanya gejala flu biasa, TNGers tidak perlu melakukan pengecekan Covid-19 di rumah sakit rujukan, supaya tidak berpotensi tertular dari orang-orang di keramaian.

There are no comments yet.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).