Beatbox, salah satu bentuk seni yang memfokuskan diri dalam menghasilkan bunyi-bunyi ritmis dan ketukan drum, instrumen musik, dan tiruan dari bunyi-bunyian lainnya melalui alat-alat ucap manusia. TNGers bisa mengenal lebih jauh tentang kesenian tersebut dan beberapa prestasinya di Komunitas Tangerang Beatbox.

Ego Firnando (20) berinisiatif mengajak beberapa founder komunitas beatbox yang ada untuk bermusyawarah dengan pencapaian mufakat yaitu diresmikannya komunitas Tangerang Beatbox pada tanggal 16 Agustus 2014. Komunitas ini menjadi satu-satunya komunitas yang menaungi beatboxer baik yang ada Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan juga Kota Tangerang Selatan.

Sampai saat ini Tangerang Beatbox tercatat memiliki sekitar 200 beatboxer dan yang aktif berkumpul di Alun-Alun Ahmad Yani, Kota Tangerang. Prestasi yang diukir founder Tangerang Beatbox juga tidak main-main, Ego, pernah meraih juara 1 Beatbox Festival 2015 dan Official Indonesia Beatbox Champion pertama kali.

Ego juga merupakan orang Indonesia pertama yang masuk ke wadah Beatbox Internasional (Swiss Beatbox). Tahun 2016, dirinya meraih juara 2 di ajang Beatbox Battle Royale di Singapura. Luar biasa ya TNGers.

Lapangan Ahmad Yani, alun-alun Kota Tangerang (Photo: @tangerangbeatbox_)

Tangerang Beatbox open member bagi semuanya, baik laki-laki atau perempuan, masih sekolah atau yang sudah bekerja, baik yang belum bisa maupun sudah profesional, yang terpenting mau serius untuk latihan. Kita hanya ada iuran uang kas, nominalnya cukup terjangkau yaitu Rp 2.000.

Tangerang Beatbox juga sering mengadakan acara tahunan seperti acara Anniversary Tangerang Beatbox, Beatbox Competition Walikota Cup 2017 yang bekerja sama dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tangerang serta beragam event lainnya.

Komunitas ini bisa menjadi tempat untuk TNGers menyalurkan kemampuan dalam mengkreasikan hingga menciptakan bunyi-bunyian yang keren. Apabila terus difokuskan bukan tidak mungkin kalian bisa berprestasi seperti Ego Firnando, yang telah membuktikan bahwa hobi juga bisa dijadikan jalur prestasi, asal semua dilakukan dengan niat yang baik dan keinginan yang kuat.

Baca juga: Taman Baca Masyarakat Kampung Cerdas di Kabupaten Tangerang

Menarik yah TNGers?  Bagi kalian yang ingin belajar beatbox dan ingin bergabung, langsung datang saja ke Alun-Alun Ahmad Yani setiap Hari Minggu jam 15:00 WIB dan follow instagramnya @tangerangbeatbox_

There are no comments yet.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).