Tahukah TNGers, kalau Tangerang adalah wilayah yang mempunyai bandara terbanyak? TNGers pasti tidak asing dengan Bandara Soekarno Hatta atau Bandara Pondok Cabe, bukan? Tapi ternyata masih ada satu bandara lagi yang saat ini masih digunakan. Namanya, Bandara Budiarto.

Bandara Budiarto terletak di Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang. Bandara ini dipergunakan sebagai tempat latihan bagi siswa STPI ( Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia) yang juga terdapat di daerah Curug, Kabupaten Tangerang.

Nama Bandar Udara Budiarto diambil dari nama Direktur API yang ke-4 yang meninggal dunia dalam kecelakaan pesawat terbang Fokker 27 di Filipina tahun 1967.

Selain menjadi tempat latihan bagi STPI, Bandara Budiarto juga menjadi bengkel/tempat perawatan pesawat Sriwijaya Air milik PT. Aero Nusantara Indonesia.

Hingga sekarang, Bandara Budiarto mempunyai tiga landasan pacu yaitu:

  • Runway 04R/22L dengan panjang 1602 dan lebar 46 meter
  • Runway 04L/22R dengan panjang 1097 dan lebar 12 meter
  • Runway 12/30 dengan panjang 1821 dan lebar¬† 30 meter

Nah itu tadi sekilas cerita tentang Bandara Budiarto. Dulu, sebelum pemekaran wilayah, ketiga bandara (Bandara Soetta, Pondok Cabe, dan Budiarto) ini masuk ke dalam wilayah Kabupaten Tangerang. Sekarang setelah pemekaran wilayah, Tangerang terbagi menjadi tiga daerah, Kota Tangerang, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang. Dengan masing-masing kota/kabupaten Tangerang memiliki bandaranya sendiri.

Keren ya, TNGers ternyata Tangerang mempunyai tiga bandara yang masing-masing masih ada sesuai dengan fungsinya. Makin bangga dong jadi orang Tangerang?

Penulis: Luthfiah Dewi Suria
Editor: Nur Indah

There are no comments yet.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).