Wah, ada kampung 3D di Pamulang?

Yak. Bener, ada kampung 3D di Pamulang, Tangsel. Tepatnya di jalan Husada, gang Husada Perumahan Reni Jaya, RT 06/06, Pamulang Barat, kota Tangerang Selatan. Upaya mempercantik di gang ini merupakan tindak lanjut dari  program Gang Cantik Pemkot Tangsel.  Tapi, ide untuk menggambar tiga dimensi merupakan inisiatif warganya sendiri.

Seperti yang dikutip kumparan.com, ketua RT 06, Edi mengatakan bahwa awalnya tidak menyangka akan memutuskan untuk melukis jalanan dengan gambar 3 dimensi. Tujuannya hanya ingin membuat suasana kampung berbeda dan lebih cantik.

“Idenya mengalir aja, pernah lihat juga ada di Jogja seperti ini. Namun, kita buat sesuatu yang beda, kita ciptakanlah lukisan (3D) kayak gini. Kalau kampung lain itu cuma dindingnya aja dilukis,” kata Edi.

Photo by: Fitra Andrianto/kumparan.com
Anak-anak berpose di lukisan 3D pegunungan dan sungai.

Selain lukisan 3D nya yang kece abis, TNGers tau gak, proses pengerjaan melukis gang Husada ini selesai dalam waktu 10 hari dan langsung banyak dikenal. Warga mulai melukis pada tanggal 5 Maret, lalu mulai diresmikan pada tanggal 20 Maret 2018. Keren banget gak, tuh?!

Orang-orang mulai banyak yang berkunjung, bahkan ada yang dari luar Tangerang, loh, karena saking penasarannya setelah ngeliat foto-foto keren yang di upload warga setempat di Instagram.

Photo by: Tangerangnews.com
Para pengunjung berfoto di Kampung 3D Pamulang.

“Ada dari sekitaran sini, warga Depok, Serpong bahkan dari Cirebon juga ada pernah datang. Kebanyakan yang ke sini tahu dari Instagram katanya,” ucap pak Edi.

Tapi ngomong-ngomong, biaya untuk keperluan lukisnya dari mana?

Seperti yang sudahnget diinfokan sebelumya, pelukisan kampung 3D ini termasuk ke dalam program Gang Cantik dari pemkot Tangsel. Di antara beberapa lokasi yang dipertimbangkan, gang Husada terpilih masuk program ini. Tangerangnews.com melansir, menurut Jamal, Kasie Kesos kelurahan Pamulang Barat, Tangsel, Gang Cantik di jalan Husada ini merupakan yang terbaik dibanding dua lokasi lainnya.

Baca Juga: Wahana Baru di Telaga Biru Cigaru

Untuk program tersebut, RT 06 gang Husada menerima kucuran dana dari Pemkot sebesar Rp 12,5 juta.Tapi kemudian warga mengumpulkan uang kembali untuk menambah kekurangan dana hingga total terkumpul Rp 20 juta. Warganya antusias banget, ya. Patut diacungi jempol dan ditiru!

Photo by: Fitra Andrianto
Anak-anak berfoto di lukisan 3D sungai dan tebing.

Adapun objek yang dilukis di kampung 3D baru ini didominasi dengan gambar pemandangan alam, seperti gunung, tebing, aliran sungai yang berisi ikan, pesawahan dan pemandangan lainnya. Pokoknya, hasil gambarnya berasa nyatanya! TNGers yang sudah ke sini, boleh lah sedikit cerita pengalamannya di komentar, ya.

There are no comments yet.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).