Setiap daerah tentu memiliki tempat yang khusus untuk dijadikan objek wisata guna menjadi daya tarik wisatawan agar mau berkunjung ke tempat wisata tersebut. Tidak terkecuali Kabupaten Tangerang, yang memiliki berbagai tempat wisata alam , apa saja ya kira-kira?

  1. Hutan Mangrove

Photo: by Instagram @tajudinsc

Hutan Mangrove (Tanaman Bakau) berada di Desa Muara, Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang. lokasinya dekat dengan Pantai Pertamina. Jalan untuk menuju ke hutan mangrove dan pantai pertamina tidak sulit TNGers, dari arah kampung Melayu, Teluknaga, ambil ke arah Salembaran, nanti ada plang petunjuk menuju pantai pertamina. Kondisi jalan di daerah Muara juga bagus, hanya saja tidak selebar jalanan di jalan raya.

Pemandangan di daerah sini pun sangat merakyat, kiri kanan jalan kalian akan disuguhi dengan hamparan sawah nan hijau dan apabila sudah mulai mendekati taman mangrove dan pantai, kalian akan melihat banyaknya tempat pemancingan ikan. Kawasan taman Mangrove ini dulunya hanya pantai pertamina saja yang dijadikan tempat wisata akan tetapi karena sudah banyaknya pohon bakau/mangrove di sini, maka dibuatlah Hutan Mangrove.

  1. Pantai Tanjung Pasir

Photo: by Instagram @linda.r29

TNGers, bagi kalian penikmat senja atau yang senang olahraga pagi sambil menyambut matahari terbit, di Tanjung Pasir inilah tempat yang sering didatangi untuk melakukan hal tersebut. Pantai disini lebih luas dibanding dengan pantai Pertamina. Di Tanjung Pasir kita bisa menyebrang ke pulau di Kepulauan Seribu yaitu Pulau Untung Jawa dan Pulau Rambut.

Untuk menuju ke pulau disana, kita bisa menyebrang dengan perahu kayu besar dengan harga Rp.40.000. Untuk Pergi dan Pulang. TNGers, yang membedakan antara Tanjung Pasir dengan Pulau Untung Jawa hanya warna airnya aja kok, kalo di Tanjung Pasir memang masih coklat-coklat asin gitu, nah di Untung Jawa airnya bening, TNGers, kalian tau gak? Kalau liburan akhir tahun ataupun liburan lebaran, tanjung pasir itu pasti ramai sekali. Di tanjung pasir pun ada tempat pelelangan ikan loh TNGers, jadi kalau kalian yang mau belanja-belanja ikan yang masih fresh from the sea bisa loh datang aja ke pelelangan ikan di Tanjung Pasir.

.3. Pelabuhan Cituis

Photo: by Instagram @dimaskungsaputra

Pelabuhan Cituis atau yang memiliki nama lain Rawa Saban. Merupakan tempat pelelangan ikan juga TNGers, Lebih luas dibanding dengan tempat pelelangan yang ada di Tanjung Pasir. Dari sini kita juga bisa menyebrang ke kepulauan Seribu, yaitu pulau Tidung, Pulau Pari dan Pulau Lancang. Ya, walaupun nantinya kita menyebrang bareng dengan muatan kapal barang TNGers, tapi gak sedikit pula yang mau menyebrang ke sana untuk berwisata.

4. Pulau Cangkir

Photo: by Instagram @jurnalrenal

Wisata Pulau Cangkir ini berlokasi di Desa Kronjo, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang. Tidak sulit mencari alamat atau lokasi Pulau Cangkir Banten, Anda cukup naik bus jurusan Kali Deres – Kronjo dari Jakarta. Bis ini akan mengantarkan Anda menuju pulau ini. Para wisatawan yang ke pulau Cangkir selain bertujuan untuk wisata bahari, mereka pun bisa berwisata religi.

Mengapa bisa berwisata religi, karena di pulau cangkir terdapat makam Pangeran Jaga Lautan (Syekh Waliyudin). Beliau merupakan keturunan langsung dari sultan pertama Banten, Pangeran Hasanudin. Bagi kalian TNGers yang ingin berwisata ke Pulau Cangkir, kalian akan mendapatkan dua keuntungan selain pengalaman wisatanya kalianpun akan mendapatkan pengalaman spiritual.

Pantai Tanjung Kait

Photo: by Instagram @genpitng

Tanjung Kait memang tidak menawarkan keindahan fisik seperti pulau lainnya di Kepulauan Seribu. Tapi di sini kalian gak boleh mengabaikan sebagai salah satu daftar destinasi wisata kalian di Kabupaten Tangerang. Tanjung Kait menawarkan beragam kuliner laut yang murah meriah, ditemani es kelapa yang segar. Sambil menanti makanan siap santap, kalian bisa memanjakan mata dengan melihat pemandangan laut, melihat para nelayan bermain dengan jala dan perahunya.

Baca juga: Keseruan Piknik Tim AboutTNG ke Dua Destinasi Wisata Tangerang

Oke TNGers, itulah lima destinasi wisata yang ada di Kabupaten Tangerang. Masing-masing tempat mempunyai ciri khas tersendiri, nah tergantung kalian mau pilih berwisata ke mana? Mau ke semuanya juga boleh TNGers, yang penting kalian bahagia. Titip pesan juga ya TNGers, kemana pun kalian akan berwisata nantinya, tetap dijaga kebersihannya, dan dijaga sopan santunnya.

There are no comments yet.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).